Tips Menghindari Banned Adsense Karena Memasang Iklan Pihak Ketiga

Tips mengamankan akun AdsenseAdsense merupakan salah satu alternatif terbaik bagi para blogger untuk mencari duit melalui blog, dan seperti yang kita fahami bahwa Adsense sangat ketat dalam memberikan kebijakan (Adsense term of service). Ketika akun Adsense sudah diperoleh, maka yang harus dilakukan adalah berusaha untuk mengamankan akun dari potensi pemblokiran/banned. Ada beberapa criteria pelanggaran yang akan menyebabkan akun Adsense seseorang (blogger) di banned, salah satunya adalah dikarenakan blogger bersangkutan memasang iklan lain dimana dalam blog tersebut terdapat iklan Adsense.

Memasang iklan lain dalam satu blog dimana Adsense ditampilkan sangat berpotensi untuk membuat akun Adsense kita diblokir jika kita tidak mengetahui tata caranya. Tidak boleh asal menampilkan iklan dari pihak ketiga sementara pada web page atau blog tersebut juga terdapat iklan Adsense. Banyak blogger berpendapat bahwa memperoleh akun Adsense sebenarnya jauh lebih mudah katimbang mempertahankannya alias terbebas dari banned / pemblokiran. Saya secara pribadi mengamini opini tersebut, karena berdasarkan pengalaman pribadi apa yang saya rasakan memang demikian adanya.

Cara mendapatkan penghasilan dari blog sesuai target yang kita harapkan salah satunya adalah dengan memasang lebih dari satu program iklan. Disini sebagian blogger biasanya memasang beberapa program periklanan dalam blog mereka, ada PPC lokal, ada juga program iklan milik Google yaitu Adsense. Bagaimana cara mengamankan akun Adsense sementara kita tidak ingin melepaskan iklan yang lain? Seperti sudah disebutkan diatas bahwa anda tidak boleh secara asal-asalan menempatkan iklan lain dalam satu blog dimana pada blog tersebut terdapat iklan Adsense. Untuk mengamankan akun Adsense anda tanpa harus meniadakan iklan lainnya yang harus anda ketahui adalah seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Uraian / penjelasan ini saya kutip dari laman term of service Google Adsense terkait pemasangan iklan Adsense. Bisakah memasang iklan Adsense dalam satu web page / blog dimana dalam blog tersebut terdapat iklan Adsense? Berikut jawaban Google.

“You are welcome to display Google ads on the same site or page as other third party advertisements provided that the formatting or colours of the third party ads is different enough from that of the Google ads. In other words, if you choose to place non-Google ads on the same site or page as Google ads, it should always be clear to the user that the ads are served by different advertising networks and that the non-Google ads have no association with Google. If the formats are naturally similar, we ask that you choose different colour schemes for the competing ads.”

Kesimpulannya "Anda di perbolehkan untuk memasang iklan Google Adsense dimana pada web page tersebut juga terdapat iklan bukan milik Google Adsense. Namun, diharapkan format atau warna iklan yang ditampilkan berbeda dengan iklan milik Google Adsense. Artinya, bahwa iklan selain milik Google Adsense tersebut harus benar-benar bisa mencirikan bahwa iklan tersebut bukan berasal dan tidak ada hubungannya dengan Google Adsense".

Semoga artikel ini dapat menjawab ketakutan para sahabat blogger yang dalam hal ini masih tertanya-tanya apakah pemasangan iklan dari pihak lain untuk blog yang terdapat iklan Adsense termasuk bentuk pelangaran TOS Adsense atau legal. Penjelasan diatas sudah memberikan anda sebuah kesimpulan bahwa, dianggap menyimpang dari TOS Google Adsense jika anda melakukannya dengan cara yang salah. Namun, ia menjadi sah-sah saja (legal) jika anda melakukannya dengan benar sehingga akun Adsense anda tidak akan di banned.
Like / Bagikan :
Artikel terkait :