Tips Menulis Artikel Standar SEO

Tips menulis artikel yang SEO friendly
Tips membuat artikel yang SEO friendly – Pada posting tips blog sebelumnya sudah dibahas bagaimana cara mengelola blog secara benar agar program monetisasi tetap bisa berjalan secara berkelanjutan. Artikel ini masih berkaitan dengan artikel sebelumnya, kali ini kita akan berbagi tips bagaimana cara menulis artikel yang memenuhi standar SEO.

Sebagaimana sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa faktor SEO selain berimbas pada kesehatan blog Anda SEO juga ikut menentukan seberapa maksimal penghasilan Anda dari blog yang Anda kelola. Jika kualitas SEO blog Anda tidak atau kurang bagus, maka bukan sebuah hal yang realistis untuk mendapatkan penghasilan secara maksimal (target visitor search engine).

Sumber trafik memang bukan hanya dari search engine, akan tetapi mayoritas sumber trafik blog personal adalah dari search engine, dan seperti yang kita tahu bahwa untuk bisa mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang banyak dari search engine SEO akan menjadi salah satu bahan pengukur atau modal terpenting.

Penerapan teknik SEO sendiri cukup beragam, dan salah satunya adalah dengan menulis artikel yang baik (memenuhi standar SEO). Kualitas artikel adalah prioritas untuk membangun kredibilitas blog dihadapan mesin pencari, baik mesin pencari Google, Bing, AOL, maupun mesin pencari lainnya.

Seperti apa artikel SEO friendly itu? Berikut tips untuk menulis artikel yang SEO friendly untuk memaksimalkan trafik dari search engine agar bisa meningkatkan penghasilan Anda.

Relevansi
Apapun yang Anda tulis, relevansi dan akurasi adalah yang harus diutamakan. Jangan asal menulis, karena tulisan Anda akan dibaca oleh banyak orang. Algoritma mesin pencari dapat mendeteksi kualitas artikel Anda, termasuk untuk mencerna tingkat relevansinya.

Kualitas artikel
Bagaimana sebenarnya artikel yang dianggap bermutu itu? Artikel yang bermutu adalah artikel yang memuat beberapa unsur, diantaranya :

- Berguna bagi pembaca
- Informatif
- Tidak berhambur keyword
- Relevan
- Akurat
- Original
- Dll.

Masukkan keyword pada artikel
Memasukkan kata kunci atau keyword pada artikel adalah hal wajib dalam menulis artikel. Namun, harus dilakukan dalam batasan yang wajar. Bagaimana cara memasukkan keyword yang benar? Frasa kata kunci Anda, dan jangan hanya menggunakan keyword yang sama secara berulang-ulang. Konsekwensinya blog Anda bisa dianggap sebagai blog spam jika memuat kepadatan keyword (keyword density) secara berlebihan.

Panjang artikel
Usahakan Anda memperpanjang artikel meskipun topik yang Anda bahas sebenarnya cukup singkat. Hal ini untuk menghindari blog dianggap sebagai blog yang tidak bermutu lantaran jumlah kata dalam artikel terlalu pendek. Tulislah artikel dengan panjang minimal 250 kata, dan rekomendasi saya adalah minimal 400 kata.

Masukkan link yang relevan
Jangan lupa menggunakan anchor text untuk memasukkan posting yang relevan dalam satu blog. Ini cukup penting guna memberikan power antara artikel satu dengan yang lainnya.

Lakukan secara natural dan wajar
Yang dimaksudkan disini adalah, jangan menggunakan teknik-teknik yang menyalahi aturan. Untuk mengetahui standar kualitas konten weblog versi Google Anda dapat mengunjungi laman Webmasters Support.
Like / Bagikan :
Artikel terkait :