Menghasilkan uang dari blog seperti yang terurai dalam
beberapa kesempatan posting sebelumnya sebenarnya sangat banyak sekali. Seorang
blogger tidak harus bergantung pada salah satu jenis monetizing tertentu saja. Bagi
seorang blogger strategi monetize blog sebenarnya cukup banyak pilihan. Bagi
yang suka bermain dengan iklan pay per click (PPC) dimana pilihannya ada PPC
luar Negeri dan ada juga PPC local, seperti Adsencamp, kumpulblogger, sitti dan
sejumlah iklan PPC lainnya. Khusus untuk PPC luara Negeri sejauh ini Adsense
masih menjadi incaran utama para blogger dan webmaster. Dan bagi sobat blogger
yang kurang pas dengan metode monetizing menggunakan PPC,tentunya masih banyak alternative
lainnya yang bisa diambil.
Maksimalkan pendapatan online dengan memanfaatkan semua
kesempatan yang ada. Join program iklan online PPC bukanlah satu-satunya
pilihan untuk menghasilkan duit dari aktifitas ngeblog. Anda juga bisa membuka
ruang sendiri dan bekerjasama dengan pihak advertiser secara langsung. Dalam hal
ini, blog anda tentunya harus bisa tampil professional dan akan memiliki nilai
tambah dihadapan para pengiklan jika menggunakan top level domain (TLD). Bukan
bersifat mutlak, namun bagi para
advertiser pasti merasa lebih pas jika iklan produk mereka tampil di blog yang
menggunakan TLD karena dipandang lebih professional.
Berikut beberapa langkah
yang bisa anda tempuh untuk menggait advertiser
Blogwalking
Blogwalking disini tujuannya bukan untuk mencari backlink,
tetapi untuk mencari produk iklan tertentu di blog rekan blogger lain. Apabila anda
menemukan produk iklan tertentu,
telusuri iklan tersebut dan cari tahu siapa pemiliknya.
Selanjutnya, tawarkan kerjasama advertising dengan pemilik produk
tersebut. Kirimkan email ke yang bersangkutan dengan menyertakan info blog
anda, meliputi trafik, page view, audience, dll. Jika yang bersangkutan merasa
tertarik, anda pasti akan dihubungi.
Spot iklan di blog
Pasanglah banner di blog anda untuk memicu minat advertiser
beriklan di blog anda. Gunakan space berukuran 300x250 atau 728x90.
Buat desain banner yang jelas dan tempatkan pada posisi yang
strategis untuk menarik minat advertiser. Untuk banner berukuran 728x90
idealnya diletakkan dibagian header atau footer, dan untuk banner berukuran
300x250 bisa diletakkan di sidebar.
Halaman untuk
advertiser
Buatlah halaman untuk advertiser, tulisalah spesifikasi blog
anda; trafik, audience, page view, ranking blog, pagerank agar advertiser
merasa lebih yakin untuk beriklan di blog anda.
Semakin baik statistic blog anda, maka akan semakin menarik
minat pihak advertiser untuk bekerjasama dengan anda. Masukkan data statistic yang
valid, dan jangan memanipulasi statistic yang sesungguhnya karena dalam hal ini
pihak advertiser juga tidak akan bisa anda bohongi. Mereka pasti akan mencari
tahu keabsahan statistic blog yang anda muat.
Bersikap ramah
terhadap calon advertiser
Ingat, sebagian calon advertiser pasti ada yang terkesan
suka menawar. Jangan bersikap arogan, berikan penjelasan yang bijaksana dan
tunjukkan sikap professional anda kepada yang bersangkutan.
Ketika anda menerima banyak email berkaitan dengan
advertising tidak semuanya sesuai dengan ekspektasi anda. Tetap bersikap ramah
terhadap calon advertiser tersebut agar anda terkesan sebagai seorang blogger
yang baik dan friendly.