Cara Mengatasi Page Not Found Blog

Memastikan kesehatan blog adalah sebuah tanggung jawab bagi seorang blogger. Semakin banyak ditemukan page not found atau link error, semakin buruk reputasi suatu blog dihadapan search engine, terutama SE Google.

Cara Mengatasi Page Not Found Blog

Page not found tidak selalu disebabkan oleh penghapusan artikel yang sebelumnya sudah di publish. Beberapa kondisi lainnya juga bisa menjadikan blog Anda dipenuhi banyak link error. Dan semua link error, seperti apapun asal muasalnya tetap harus dibersihkan supaya tidak memperburuk citra blog Anda.

Untuk mengetahui adanya link error, kita membutuhkan sebuah tool analytic. Salah satu tool terbaik untuk memonitor kesehatan blog adalah Google Webmaster Tools. Tools ini dapat kita gunakan sebagai alat untuk mengetahui kondisi blog kita dari waktu ke waktu. Google Webmaster Tools merupakan salah satu tool terbaik bagi blogger atau webmaster, dan kita bisa memanfaatkannya untuk mengetahui kondisi serta performance blog yang kita kelola.

Artikel terkait tips blog :
Selain dapat mendeteksi adanya link error, GWT juga menyediakan berbagai tool diagnosa penting lainnya, terdapat menu untuk mengetahui apakah terjadi duplikasi pada blog kita. Duplikasi judul, duplikasi deskripsi, dst. Dan berikut ini adalah cara untuk menghapus page not found pada blog melalui Google Webmaster Tools.

  • Silakan masuk ke Google Webmaster Tools menggunakan akun Gmail yang terasosiasi dengan akun blogger Anda.
  • Pilih blog yang akan Anda hapus link errornya.
  • lkik tab Crawl > Crawl Error
  • Copy URL page not found, kemudian menuju ke menu Remove URLs.
  • Pilih menu Creat a new removal request > paste link error yang tadi Anda copy lalu submit.

Demikian tutorial cara untuk menghapus link not found pada blog melalui Google Webmaster Tools. Setelah Anda melakukan penghapusan link error sesuai langkah-langkah diatas, kemungkinan blog Anda akan bekerja lebih baik lagi karena kesalahan perayapan/page not found sudah tidak ditemukan lagi.
Like / Bagikan :
Artikel terkait :