Cara Cek Blog Masuk Sandbox/Penalty Google

Cara Cek Blog Masuk Sandbox/Penalty Google
Img: searchengineland.com
Cara mengetahui blog terkena Sandbox/penalty Google – Sandbox atau penalty adalah sebuah bentuk hukuman dari Google terhadap weblog yang dianggap tidak sehat. Tidak sehat yang dimaksudkan disini adalah website atau blog tersebut melakukan praktik-praktik curang dalam upaya untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Ketika algoritma Google mendeteksi adanya kaedah optimasi yang menyimpang pada suatu blog, maka blog tersebut akan dikelompokkan sebagai blog bermasalah atau blog spam. Konsekuensi yang akan diterima oleh blog spam adalah dimasukkan ke Sandbox atau terkena penalty. Ini merupakan sebuah kondisi yang sangat merugikan bagi webmaster atau blogger sehingga emplementasi teknik optimasi yang tidak dibenarkan harus benar-benar Anda hindari supaya blog Anda tetap aman.

Indikasi blog masuk dalam Sandbox adalah adanya penurunan trafik yang sangat signifikan. Misalkan trafik reguler blog Anda 1000 uv/hari, kemudian secara tiba-tiba turun hingga 500 uv atau bahkan lebih buruk lagi, maka segeralah melakukan pengecekan karena pada umumnya blog yang tidak masuk sendbox tidak akan mengalami penurunan trafik secara signifikan atau lebih dari 50 %.

Sebuah keadaan yang sangat merugikan bagi seorang blogger ketika blog mereka masuk Sandbox. Terlebih lagi jika mereka sedang menggunakan blog tersebut untuk program monetisasi. Lebih parah lagi jika Anda memonetisasi blog menggunakan PPC Google Adsense. Akun Adsense Anda berpotensi di blokir oleh Adsense team. Jika Anda mendapati blog Anda sedang dalam sendbox, segera lepas kode iklan Adsense pada blog tersebut sampai blog Anda terbebas dari sendbox/penalty.

Apa penyebab blog bisa masuk sendbox/penalty Google? Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab blog Anda bisa masuk sendbox/penalty.

  • Menggunakan teknik SEO blackhat 
  • Artikel blog tidak bermutu. Baca: cara menulis artikel SEO friendly
  • Terlalu banyak menanam keyword/kata kunci
  • Link building tidak sehat (spam)
  • Terlalu banyak page not found
  • Dll.

Hindarkan blog Anda dari hal-hal diatas karena akan membuka peluang untuk masuk ke Sandbox Google. Kondisinya bisa menjadi lebih parah lagi manakala Anda menggunakan platform Blogger (seperti blog duitline), jika praktik-praktik terlarang terus dilakukan blog Anda berpotensi untuk dihapus secara permanen oleh tim Blogger.

Salah satu tujuan utama ngeblog memang untuk mendapatkan banyak pengunjung, tapi bangunlah trafik dengan cara-cara yang legal. Hindari cara ngeblog yang salah, dan gunakan teknik SEO yang direkomendasikan oleh Google maupun sumber terpecaya lainnya agar usaha Anda untuk mengembangkan blog tidak berakhir sia-sia.

Berikut tools online untuk mengecek kesehatan blog (Sendbox/Penalty checker)

>> http://www.searchenginegenie.com/Sandbox-checker.htm
>> http://pixelgroove.com/serp/Sandbox_checker/

Trafik menurun tidak selalu disebabkan oleh sendbox atau masuk penalty, namun sebaiknya Anda bergegas melakukan pengcekan ketika Anda mendapati blog Anda mengalami penurunan trafk secara signifikan.

Algoritma Google selalu diperbaharui, hal ini semakin menuntut blogger untuk menawarkan kualitas yang lebih baik lagi. Blog yang tidak bermutu sangat rentang masuk sendbox meskipun tidak melakukan teknik-teknik terlarang sebagaimana yang saya sebutkan diatas.
Like / Bagikan :
Artikel terkait :