Blog yang sukses menghasilkan duit adalah blog yang
berpredikat teroptimasi, sementara proses optimasi blog sendiri identik dengan
istilah SEO. Apa itu SEO? SEO adalah search engine optimization atau strategi
optimasi blog dengan cara memperkenalkan blog kepada mesin pencari (Google,
Bing, dll). Untuk bisa mengoptimasi blog, selain harus bermodalkan artikel anda
juga perlu berbekal wawasan tentang SEO.
SEO merupakan proses optimasi blog yang dibangun melalui
serangkaian cara. Secara sederhana SEO terbagi menjadi dua poin pokok, yaitu
SEO on page dan SEO off page. SEO on page adalah teknik emplementasi SEO yang
dibangun dari dalam blog itu sendiri. Contoh, menghubungkan satu posting ke
posting lainnya (anchor text), menyusun tag heading template, membuat artikel
yang berkualitas, dan sebagainya. SEO off page adalah metode optimasi blog yang
dikembangkan diluar laman blog. Contoh, membangun backlink dari blog lain yang
memiliki relevansi, submit artikel ke web directory, menyebarkan artikel ke
jaringan anda dalam social network, dst.
SEO sering kali dikaitkan dengan output atau hasil dari
kegiatan monetisasi blog yang anda jalankan. Mengapa? Jawabanya sangat jelas
sekali. Menguasai ilmu SEO sudah pasti akan membantu anda untuk bisa mendapatkan
banyak visitor, dan semakin banyak visitor blog anda maka peluang untuk bisa
memonetisasi blog secara maksimal akan semakin terbuka lebar. Jika anda
memonetisasi blog yang tidak banyak dikunjungi orang, bisakah anda memperoleh
penghasilan yang menggiurkan darinya? Tentu tidak bisa kan?!
Faktor SEO memang banyak berpengaruh terhadap hasil yang
bisa didapat dari kegiatan monetize blog. Namun, untuk mendapatkan pengunjung
juga tidak hanya dengan bermodalkan SEO saja. Anda juga bisa memaksimalkan
peran situs social media. Disana anda bisa membangun jaringan, mencari teman
sebanyak-banyaknya. Berikan sajian artikel yang mereka butuhkan, dengan
demikian mereka akan mengunjungi blog anda.