Cara Meningkatkan CTR Adsense

strategi meningkatkan CTR Adsense
Peningkatan earning Adsense dapat diwujudkan tentunya dengan cara CTR (click through rate) juga mengalami peningkatan. Perlu diketahui bahwa ada sejumlah faktor yang akan menentukan rendah-tingginya CTR Adsense suatu blog, mulai dari penggunaan template yang sesuai/tidak sesuai, desain template, konten blog, visitor, total perolehan pageview, relevansi iklan terhadap konten blog, dsb.

Kesemua factor diatas harus saling mendukung antara satu sama lain jika ingin meningkatkan CTR. Template memainkan peranan penting untuk turut menentukan tinggi-rendahnya CTR Adsense pada blog anda, sehingga dalam hal ini tentunya sudah menjadi sebuah keharusan bagi anda untuk menggunakan template yang tepat.

Pada postingan sebelumnya saya sudah membagikan tips cara untuk meningkatkan pendapatan Adsense. Sebagian teori yang bisa diterapkan untuk meningkatkan CTR Adsense juga turut menggunakan sejumlah metode yang saya ulas pada posting tips meningkatkan earning Adsense beberapa waktu lalu.

Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan click through rate?

Seperti yang saya singgung diatas, semua elemen penentu harus saling memberikan support antara satu sama lain jika ingin mendapatkan CTR tinggi. Berikut beberapa tips/strategi untuk meningkatkan CTR

  1. Pastikan anda menggunakan template yang tepat (tidak memuat terlalu banyak objek grafis/gambar).
  2. Gunakan template yang ringan (fast loads).
  3. Letakkan posisi iklan pada tempat yang strategis.
  4. Hindari memasang iklan Adsense berdampingan dengan banner lain.
  5. Pilihlah ukuran iklan yang sesuai dengan bidang dimana iklan akan diletakkan agar iklan terlihat menarik bagi pembaca.
  6. Tempatkan iklan pada bidang yang menjadi tumpuan pembaca. Pembaca mengunjungi blog anda tentunya untuk mendapatkan sumber bacaan tertentu, jadi dalam hal ini mereka pasti akan focus pada laman postingan/artikel.
  7. Kombinasikan antara iklan Adsense for content dan Adsense for link unit.
  8. Pengalaman setiap publisher tidak selalu sama, jadi dalam hal ini yang harus anda lakukan adalah senantiasa melakukan pengamatan. Perhatikan performance reports/kinerja unit iklan iklan aktif anda, dan maksimalkan letak iklan yang terbukti bisa mendapatkan banyak klik.


Note:
CTR tinggi secara otomatis memang akan meningkatkan earning Adsense, tapi harus diingat bahwa ada batasan tertentu untuk pencapaian CTR. Jangan membiarkan CTR terlalu tinggi karena konsekwensinya sangat buruk, yaitu banned.

Gunakan cara-cara yang sehat dan aman agar akun Adsense anda tetap langgeng dan monetisasi blog terus bisa berlanjut. 
Like / Bagikan :
Artikel terkait :