Panduan Cara Custom Domain Blogspot

Panduan Cara Custom Domain Blogspot
Agar lebih terkesan profesional, Anda mungkin terpikir untuk meng-custom sub domain blog Anda. Selain untuk alasan kesan profesional, memiliki blog menggunakan top level domain (TLD) juga akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda selaku blogger. Blog yang menggunakan TLD lebih mudah di optimasi, potensi untuk mendapatkan banyak pengunjung lebih besar, serta memiliki nilai tambah untuk program monetisasi.

Harga domain juga tidaklah terlalu mahal, Anda sudah bisa memiliki sebuah TDL dengan kisaran harga sebesar Rp 75.000-100.000, bergantung ekstensi domain yang Anda pilih, dan diperusahaan penyedia domain yang Anda pillih. Untuk domain dot com, harga domain dengan ekstensi .com saat ini dijual seharga Rp 75.000-110.000/tahun.

Pada kesempatan posting tutorial blog kali ini saya akan berbagi pengetahuan kepada para pembaca cara untuk melakukan custom domain dari sub domain Blogger (blogspot.com) menjadi top domain level (namabloganda.com, namablogsaya.net, activans.com, etc). Pada tutorial ini, saya akan memberikan panduan custom domain menggunakan domain dot com yang saya beli di Rumah Web (rumahweb.com).

Masuk ke Dashboard Blogger, kemudian klik tab "Settings/Setelan".

Custom Domain Blogspot 1

Selanjutnya, Anda akan melihat jendela seperti gambar dibawah ini.

Custom Domain Blogspot 2

Klik link "Tambahkan domain ubahsuaian", kemudian ketikkan nama domain Anda seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Custom Domain Blogspot 3

Selanjutnya, silakan klik tombol "Petunjuk setelan", dan Anda akan diarahkan ke jendela setelan DNS untuk domain Anda.

Custom Domain Blogspot 4

Klik pada pilihan On a top level domain sehingga akan muncul kode verifikasi untuk domain Anda seperti pada gambar diatas. Silakan copy kode verifikasi yang tertera seperti pada gambar diatas, dan dilanjutkan ke langkah setting DNS pada laman client zone Rumah Web. 

Silakan masuk ke client zone Rumah Web untuk melakukan setting DNS, membuat A Records dan CNAME Records. Untuk panduan cara setting DNS lengkapnya dapat Anda temukan disini.

Berikut ini adalah CNAME Records, dan A records yang harus Anda buat melalui client zone Rumah Web.

A Records
Hostname IP TTL
@namadomainanda.com 216.239.32.21 14400
@namadomainanda.com 216.239.34.21 14400
@namadomainanda.com 216.239.36.21 14400
@namadomainanda.com 216.239.38.21 14400

CNAME Records
Hostname Cannonical Name TTL
www.namadomainanda.com ghs.google.com 14400
3dweteis7hhh.namadomainanda.com gv-2smkf6yvrafckc.
dv.googlehosted.com
Setelah Anda selesai melakukan setting DNS, yaitu membuat A Records dan CNAME Records seperti contoh diatas, selanjutnya silakan kembali ke Dashboard Blogger > Setelan > Simpan, dan custom domain sudah selesai.

Custom Domain Blogspot (selesai)

Demikian panduan cara setting custom domain di Blogspot, semoga artikel ini berguna bagi sobat blogger, dan salam blogging!
Like / Bagikan :
Artikel terkait :