Cara Optimasi Blog Yang Salah

Cara Optimasi Blog Yang Salah
Pada posting sebelumnya saya sudah menulis sebuah artikel dengan judul 4 cara blogging yang salah. Artikel ini masih berkaitan dengan posting tersebut, yaitu cara optimasi blog yang salah. Setiap blog memang membutuhkan langkah-langkah optimasi untuk bisa mendatangkan trafik secara maksimal. Namun, harap tetap diingat, bahwa proses optimasi harus berjalan sesuai dengan kaedah optimasi yang ada, alias tidak menyimpang dari aturan.

Optimasi blog secara berlebihan atau over optimization sebenarnya hanya akan menjadikan blog Anda terkubur. Mungkin banyak dari kita yang masih bersikap menyepelehkan akan hal ini, namun faktanya memang demikian, blog yang over optimization memang cukup sulit untuk bisa bersaing di SERPs, bahkan resiko terburuknya ketika Anda menggunakan platform Blogger blog Anda menjadi sangat terancam (dihapus oleh Google).

Pengunjung memang tidak datang dengan begitu saja, ada serangkaian kegiatan optimasi yang kita lakukan sehingga bisa mendatangkan pengunjung. Aktivitas seorang blogger memang bukan hanya sekedar menulis, tapi juga melakukan proses optimasi. Namun, metode optimasi yang dipilih harus sesuai etika blogging agar kedepannya kita bisa melihat hasil positifnya, dan bukan kondisi yang justru sebaliknya.

Mungkin tanpa Anda sadari, ada banyak sekali cara-cara optimasi yang salah yang masih Anda lakukan hingga saat ini, dan supaya dikemudian hari Anda tidak dirugikan oleh kegiatan-kegiatan optimasi salah yang saat ini masih Anda lakukan, berikut beberapa cara optimasi blog yang menyimpang yang harus Anda hindari mulai sekarang.

Menanam backlink tidak beraturan
Meskipun blog membutuhkan banyak backlink, hal tersebut tidak berarti semua backlink bagus untuk perkembangan blog Anda. Cukup tanamkan backlink dari situs yang memiliki relevansi dengan tema blog Anda.

Men-submit blog pada situs directory dewasa
Sebuah kesalahan fatal bagi blog dengan niche diluar konten dewasa, tapi mengirimkan URL blog ke situs direktori tersebut. Meskipun situs directory yang dimaksudkan memiliki pagerank tinggi, Anda tetap harus menghindarinya.

Menempatkan kata kunci berlebihan
Ini merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian blogger pemula. Memfrasa kata kunci dalam kadar yang berlebihan hanya akan menyebabkan blog Anda masuk ke sanbox/penalty Google.

Memberikan attribute pada teks secara berlebihan
Agar bisa mendapatkan perhatian khusus dari spider search engine, biasanya teks kata kunci diberikan attribute tertentu, seperti bold/tebal, italic/miring, underline/garis bawah, dst. Hal ini efektif sejauh tidak dilakukan secara berlebihan.

Posting artikel kurang teratur
Lebih baik sedikit tapi konsisten, daripada sangat produktif tapi angin-anginan. Menjaga frekuensi update adalah salah satu kiat optimasi blog yang baik serta efektif. Lebih baik dua minggu satu buah artikel, daripada lima artikel dalam sehari, tapi fakum dalam satu bulan.
Like / Bagikan :
Artikel terkait :