Teknik Membangun Backlink Yang Benar

Teknik Membangun Backlink Yang Benar
Blog berisikan konten/artikel sesuai dengan topik masing-masing. Agar konten yang Anda publish pada blog bisa ditemukan oleh mesin pencari, maka dibutuhkan beberapa kegiatan penunjang lainnya. Ada banyak sekali bentuk-bentuk aktivitas untuk membuat artikel yang ada pada blog Anda bisa ditemukan oleh mesin pencari, salah satunya adalah dengan menerapkan teknik SEO.

SEO terbagi menjadi dua bagian, yaitu SEO off-page dan SEO on-page. SEO off-page identik dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan diluar lingkup blog. Mulai melakukan promosi ke situs social media, forum, dan membangun backlink. Setiap blog membutuhkan backlink, karena fungsi dari backlink adalah untuk memberikan vote  buat blog Anda sehingga mesin pencari akan memperhatikan blog Anda manakala ada vote untuk blog Anda.

Meskipun blog sangat membutuhkan backlink, namun tidak semua backlink baik untuk blog Anda. Ada aturan-aturan dalam membangun backlink, mulai nilai relevansi, kualitas backlink, dan bagaimana cara Anda mendapatkan backlink tersebut. Anda bisa saja mendapatkan banyak backlink dengan metode tertentu, namun segala bentuk kegiatan yang memenuhi kriteria spam harus Anda hindari.

Artikel terkait tips blog :

  1. Tips promosi blog untuk mendapatkan banyak pengunjung
  2. Tips mengelola blog agar penghasilan online terus berkelanjutan
  3. Tips menulis artikel standar SEO

Berikut adalah tips untuk membangun backlink secara benar dan tidak terkategorikan sebagai teknik link building spam atau teknik link building yang salah.

Saya anggap blog Anda masih baru, dan kondisinya blog tersebut masih sangat membutuhkan backlink.

Submit URL blog Anda (URL home: www.namabloganda.com) ke berbagai search engine, terutama Google.

Submit sitemap blog Anda pada masing-masing Webmaster setiap search engine, seperti Google Webmaster Tools.

Submit artikel Anda ke situs social bookmark terpopuler yang memiliki pagerank tinggi serta berstatus Dofollow (Lintas.me, Infogue.com, dll).

Masukkan link/URL blog Anda ke situs-situs social media/social networking; Facebook, Twitter, Google Plus, Linkedin, dll.

Pada fase awal membangun backlink blog, cukup submit URL home (www.namabloganda.com). 80 % URL home, dan 20 % untuk laman artikel yang menurut Anda sangat penting atau artikel pilar.

Setelah Anda selesai melakukan langkah-langkah link building diatas, teknik link building berikutnya adalah sebagai berikut :

Dapatkan 10 backink dari situs web directory ternama.

Lakukan blog commenting di 10 blog dofollow.

Buatlah postingan di forum dofollow, dan masukkan link blog Anda.

Demikian tips untuk membangun backlink secara benar untuk proses optimasi blog baru. Jangan membangun backlink dalam jumlah yang sangat banyak jika blog Anda berumur kurang dari tiga bulan.

Membangun backlink harus dilakukan secara terjadwal/bertahap. Sedikit backlink tidak menjadi masalah asalkan Anda melakukannya secara berkelanjutan. Google menganjurkan para pengelola blog untuk melakukan link building secara natural.
Like / Bagikan :
Artikel terkait :