Solusi Koneksi Internet Lambat Untuk Menunjang Program Ngeblog

Solusi Koneksi Internet Lambat Untuk Menunjang Program Ngeblog
Blogger membutuhkan koneksi internet berkecepatan tinggi untuk menunjang aktivitas online yang mereka lakukan. Kondisi yang kurang mendukung (koneksi tidak stabil) mungkin tidak lagi ditemui bagi sebagian blogger yang sudah menggunakan koneksi internet dengan tipe koneksi high speed. Lalu bagaimana dengan sebagian blogger lainnya yang dalam hal ini masih menggunakan tipe koneksi dengan kecepatan rendah, seperti saya?

Tipe dan tingkatan koneksi internet terbagi menjadi sekian banyak jenis. Setiap tipe koneksi memiliki kecepatan masing-masing. Dan pada artikel ini kita akan berbagi tips bagaimana memaksimalkan koneksi internet standar agar bisa stabil dan relatif cepat.

Seperti yang kita tahu, bahwa kecepatan koneksi internet ditentukan oleh banyak faktor. Pembahasan ini lebih spesifik mengarah pada tipe koneksi dial-up modem, dimana sebagian blogger lokal saat ini memang masih banyak yang bergantung pada tipe koneksi yang satu ini.

Kecepatan koneksi internet dial-up menggunakan modem USB sangat ditentukan oleh beberapa faktor berikut ini :

- Kualitas jaringan
- Radiasi sinyal
- Kondisi cuaca
- Jumlah pengguna aktif
- Jenis paket, dll.

Beberapa hal yang disebutkan diatas adalah faktor utama penentu semaksimal apa kecepatan akes internet yang bisa didapat. Kualitas jaringan sangat menentukan stabil-tidaknya koneksi internet. Kemudian, faktor kekuatan sinyal. Koneksi internet dial-up menggunakan modem USB sangat bergantung pada sinyal yang didapat sehingga ketika sinyal yang diperoleh naik-turun, maka bisa dipastikan Anda tidak akan bisa menikmati koneksi yang stabil.

Agar permasalahan koneksi internet dapat diminimalisir, dan tidak mengganggu program ngeblog Anda, berikut beberapa tips untuk mengatasi masalah koneksi internet yang lambat atau tidak stabil.

Letakkan modem pada tempat yang bisa menangkap sinyal secara maksimal
Carilah letak yang tepat untuk modem USB Anda. Gunakan kabel USB ekstender agar Anda bisa dengan mudah menggeser modem Anda dari satu titik ke titik lainnya.

Gunakan antena penguat sinyal
Jika langkah diatas masih belum memberikan solusi, berarti sinyal ditempat Anda memang cukup sulit didapat yang disebabkan oleh jauhnya tempat Anda dari lokasi BTS. Solusinya, Anda harus menggunakan antena penguat sinyal. Jika Anda tidak bisa membuatnya sendiri, silakan membeli. Harganya berkisar antara 60-350 ribu.

Gunakan modem yang berkualitas
Kualitas modem juga sangat menentukan cepat-lambatnya koneksi internet yang Anda gunakan dikarenakan modem yang berkualitas bagus relatif mudah dalam menangkap sinyal. Tidak mengapa membeli modem dengan harga sedikit mahal, daripada Anda membeli modem murah tapi cukup merepotkan.

Disconnet-reconnect koneksi 
Pada saat Anda sedang online, dan Anda mendapati koneksi berjalan dengan sangat lambat, matiakan koneksi terlebih dahulu kemudian konek ulang. Cara ini biasanya juga sedikit membantu untuk mendapatkan koneksi yang lebih stabil dan cepat.

Demikian tips sederhana untuk meningkatkan kecepatan internet, semoga bisa memberikan solusi bagi Anda yang memiliki permasalahan koneksi lambat ketika sedang menjalani aktivitas blogging.
Like / Bagikan :
Artikel terkait :