Faktor SEO Dalam Monetisasi Blog

SEO dan monetize blog
Blog yang sukses menghasilkan duit adalah blog yang berpredikat teroptimasi, sementara proses optimasi blog sendiri identik dengan istilah SEO. Apa itu SEO? SEO adalah search engine optimization atau strategi optimasi blog dengan cara memperkenalkan blog kepada mesin pencari (Google, Bing, dll). Untuk bisa mengoptimasi blog, selain harus bermodalkan artikel anda juga perlu berbekal wawasan tentang SEO.

SEO merupakan proses optimasi blog yang dibangun melalui serangkaian cara. Secara sederhana SEO terbagi menjadi dua poin pokok, yaitu SEO on page dan SEO off page. SEO on page adalah teknik emplementasi SEO yang dibangun dari dalam blog itu sendiri. Contoh, menghubungkan satu posting ke posting lainnya (anchor text), menyusun tag heading template, membuat artikel yang berkualitas, dan sebagainya. SEO off page adalah metode optimasi blog yang dikembangkan diluar laman blog. Contoh, membangun backlink dari blog lain yang memiliki relevansi, submit artikel ke web directory, menyebarkan artikel ke jaringan anda dalam social network, dst.

SEO sering kali dikaitkan dengan output atau hasil dari kegiatan monetisasi blog yang anda jalankan. Mengapa? Jawabanya sangat jelas sekali. Menguasai ilmu SEO sudah pasti akan membantu anda untuk bisa mendapatkan banyak visitor, dan semakin banyak visitor blog anda maka peluang untuk bisa memonetisasi blog secara maksimal akan semakin terbuka lebar. Jika anda memonetisasi blog yang tidak banyak dikunjungi orang, bisakah anda memperoleh penghasilan yang menggiurkan darinya? Tentu tidak bisa kan?!

Faktor SEO memang banyak berpengaruh terhadap hasil yang bisa didapat dari kegiatan monetize blog. Namun, untuk mendapatkan pengunjung juga tidak hanya dengan bermodalkan SEO saja. Anda juga bisa memaksimalkan peran situs social media. Disana anda bisa membangun jaringan, mencari teman sebanyak-banyaknya. Berikan sajian artikel yang mereka butuhkan, dengan demikian mereka akan mengunjungi blog anda.  
Like / Bagikan :
Artikel terkait :