Cara Daftar Adsense Melalui Youtube

Cara Daftar Adsense Melalui Youtube
Google Adsense adalah sebuah jaringan periklanan online dengan mekanisme pay per click (PPC) yang memungkinkan para pengelola blog dan website untuk mendapatkan penghasilan online berbekal weblog yang mereka kembangkan.

Adsense adalah online ad network terbesar pada masa ini. Popularitas Adsense sendiri kian sulit tertandingi oleh media-media periklanan sejenis lainnya dengan antusiasme para pengiklan dan penerbit yang terus memperlihatkan kecenderungan terhadap Adsense.

Adsense memang memiliki sejumlah kelebihan jika dibandingkan dengan beberapa media periklanan online lainnya, sebut saja untuk besaran nilai harga klik, impresi iklan, relevansi iklan dengan konten weblog, pembayaran tepat waktu, dashboard user friendly, dll.

Beberapa alasan mendasar diatas tentunya membuat sebagian besar webmaster dan blogger lebih melirik Adsense katimbang media periklanan online lainnya. Dengan bergabung menjadi publisher Google Adsense mereka bisa mendapatkan penghasilan dari blog secara maksimal sebagaimana yang mereka harapkan.

Namun, agar bisa diterma Adsense tidaklah mudah. Sebelum mendaftar Google Adsense ada sejumlah persyaratan penting yang harus Anda penuhi terlebih dahulu atau dengan konsekuensi aplikasi Anda akan ditolak. Dan bagian ini adalah fase tersulit bagi sebagian blogger lokal dalam upaya untuk mendapatkan akun Google Adsense.

Google Adsense sangat selektif dalam menentukan tingkat kelayakan para calon publisher. Seberapa kalipun kita melakukan pendaftaran, ia hanya akan berbuah penolakan manakala blog yang kita gunakan untuk mendaftar masih dianggao tidak memenuhi kriteria Google Adsense sebagaimana yang saya bahas pada artikel penyebab pendaftaran Adsense ditolak, dan ciri-ciri blog yang ditolak Adsense.

Jika Anda mengalami kendala sebagaimana yang saya singgung diatas, maka solusi termudah untuk tetap bisa mendapatkan uang dari blog adalah dengan mendaftar akun Adsense malalui situs mitra host Google. Beberapa situs mitra host Google/Adsense diantaranya adalah blogger.com dan Yotube.

Anda bisa memanfaatkan Youtube untuk mendaftar akun Adsense. Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu bahwa saat ini membuat akun Adsense dapat dilakukan melalui Youtube. Dan ini menjadi alternatif bagi Anda yang selama ini merasa kesulitan untuk mendapatkan akun Adsense pertama Anda.

Bagaimana cara daftar Adsense melalui Youtube? Berikut panduang langkah demi langkah cara mendaftar Google Adsense menggunakan Youtube.

  • Pastikan Anda sudah punya akun email (Gmail).
  • Siapkan dua buah file video (harus video hasil dokumentasi Anda sendiri).
  • Buatlah akun di Youtube menggunakan akun email Gmail Anda.
  • Jika sudah memiliki akun Youtube, silakan upload dua buah video milik Anda.
  • Jika video sudah di upload, silakan menuju ke laman Pengelola Video, dan perhatikan pada menu disebelah kiri jendela. Pilihlah menu SETELAN SALURAN kemudian MONETISASI.
  • Kemudian, klik tombol AKTIFKAN AKUN SAYA. Biasanya akan muncul pop up dengan pesan persetujuan Anda untuk memonetisasi konten Anda. Cukup centang kotak yang tersedia lalu klik pada bidang SAYA SETUJU.
  • Selanjutnya, scroll mouse kebawah lalu cari tulisan BAGAIMANA SAYA AKAN DI BAYAR.
  • Anda perlu menautkan akun Youtube Anda dengan Akun Adsense Anda agar nantinya Anda berhak mendapatakan pembayaran dari Google Adsense. Silakan klik Associate an AdsenseAccount.
  • Setelah Anda klik link tersebut, Anda akan diminta mendaftar akun Adsense. Isilah semua informasi yang diminta sebagaimana data Anda sebenarnya. Mulai nama, alamat, dll.
  • Selanjutnya, silakan kembali ke laman Pengelola Video, dan tiba saatnya untuk memonetisasi video Anda. Silakan beri centang pada video yang Anda pilih, lalu pada bagian TINDAKAN pilih MONETISASI.
  • Proses pendaftaran akun Google Adsense melalui Youtube SELESAI.
  • Silakan menunggu proses peninjauan aplikasi pendaftaran Anda. Tim Google Adsense akan mengabari Anda melalui email maks 7 x 24 jam. 

Nah, bagaimana cara menggunakan akun Adsense yang Anda daftarkan melalui Youtube untuk memonetisasi blog Anda?

Apabila akun Adsense Anda sudah disetujui, Anda tinggal memasang kode iklan pada blog Anda. Perlu diangat bahwa, akun Adsense yang didaftarkan melalui Youtube adalah akun Adsense hosted account atau akun yang di host. Jenis akun ini (Adsense hosted account) hanya bisa Anda gunakan untuk memonetisasi blog yang menggunakan situs mitra host Google, seperti Bloggger.com/blogspot.com. Apabila blog Anda menggunakan platform Wordpress atau menggunakan Blogger tapi sudah di custom domain, maka iklan tidak akan tampil. Apabila Anda ingin memasang kode iklan Adsense di blog-blog tersebut, Anda harus upgrade akun Adsense menjadi akun normal.
Like / Bagikan :
Artikel terkait :